Tips Merawat Hardisk

Beberapa minggu yang lalu saya uda posting tentang bagaimana cara merawat mobo (Motherboard), kali ini saya akan melanjutkan dengan tips merawat hardisk. terkadang kita sering mengabaikan perawatan pada hardisk sehingga masa hardisk akan menjadi sedikit berkurang.
Naah...!! agar hardisk memiliki masa atau umur yang lama maka kita perlu melakukan perawatan terhadap hardisk secara rutin... Ok mari menuju TKP... :D

Matikan Komputer dengan Benar
Mematikan komputer harus dengan prosedur yang benar yaitu melalui menu shutdown di windows kita dan tunggu hingga mati untuk melepas tegangan listriknya. karena dengan prosedur yang salah akan merusak hardisk kita yang tiba-tiba akan berhenti mendadak tanpa tegangan listrik. Jadi matikan komputer dengan cara yang benar.


Tempatkan CPU di tempat yang di aliri udar
Mesin juga membutuhkan suhu yang stabil, apabila panas juga akan mengganggu kesehatannya, Seperti manusia. jangan taruh CPU pada tempat yang lembab.

Lakukan pengecekan hardisk dengan defrag
Nah cara ini sangat efisien untuk menjaga kinerja hardisk. Usahakan untuk defrag hardisk untuk waktu berkala seperti seminggu sekali atau sebulan sekali.

Pastikan kipas tetap berputar
Jika di hardisk anda tidak ada kipasnya anda bisa memasangnya sendiri agar hardisk tetap dingin. dan selalu periksa power supply yang mengaliri tegangan ke dalam hardisk anda.

Jangan Menutup Rapat Lubang Casing
Hardisk memerlukan udara yang dingin untuk menjaga suhunya agar tetap dingin, karna panas dapat merusak hardisk. jadi berikanlah celah angin-angin agar udara bisa masuk dan hardisk anda tetap terjaga suhunya.

Jangan Terlalu Sering Menginstall Ulang
Jangan bermain-main dengan install ulang. Proses install ulang sangat berhubungan dengan keawetan hardisk karena hardisk bekerja dengan sangat kerasa ketika proses install ulang berlangsung. Jadi janganlah terlalu sering melakukan install ulang jika memang tidak diperlukan.

Hapus Data yang Tidak Perlu
Sebaiknya kamu secara rutin menghapus data yang tidak perlu dan menguninstall aplikasi yang sudah tidak digunakan. Hal ini penting untuk mengurangi penggunaan space di hardisk sehingga hardisk tidak bekerja terlalu keras.

Sekian Tips untuk merawat Hardisk agar punya umur panjang. semoga bermanfaat...

Komentar

Postingan Populer